ilustrasi mengenal apa itu google analytics

Apa Itu Google Analytics – Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan data statistik pengunjung website. Google Analytics juga berguna untuk melacak dan membuat laporan trafik website.

Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat laporan kunjungan website dalam jangkau waktu harian, mingguan, dan bulanan bahkan berdasarkan kategori lainnya seperti sumber trafik, data demografi pengunjung, konten populer, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan layanan Google Analytics kalian harus mempunyai Akun Google. Saat ini Google sudah mengintegrasikan setiap layanan mereka dalam satu akun, mulai dari Gmail, Google AdSense, Google Play, Youtube, dan sebagainya.

Fitur Laporan Dasar Google Analytics

Dengan data trafik yang berhasil dikumpulkan oleh Google Analytics pasti Anda ingin melihat laporan apa saja yang dihasilkan. Berikut adalah laporan dasar mengenai Google Analytics yang sering digunakan :

1. Real-Time

Real-Time adalah fitur laporan secara langsung yang akan hilang dalam jangka waktu 30 menit. Laporan ini dibagi kebeberapa sub-kategori yaitu :

  • Locations.
  • Traffic Sources.
  • Content.
  • Events.
  • Conversions.

2. Audience

Audience adalah fitur laporan pengunjung yang melakukan kunjungan ke website.

3. Acquisition

Acquisition adalah fitur laporan yang mengumpulkan data darimana pengunjung datang ke website.

4. Behavior

Behavior adalah fitur laporan yang menampilkan data tingkah laku pengunjung website seperti ke halaman mana pengunjung pergi dan apa yang mereka klik.

5. Conversions

Conversions adalah fitur laporan yang menampilkan konversi data sampai menghasilkan Goal seperti pembelian atau download.

Mendaftarkan Website ke Google Analytics

Berikut adalah panduan cara mendaftarkan website kalian ke Google Analytics :

  1. Kunjungi website Google Analytics pada alamat https://analytics.google.com/analytics/web/
  2. Login dengan akun Google kalian. Kemudian klik tombol Sign Up.
  3. Kemudian isikan sesuai website yang kalian punya,
    a. What would you like to track? pilih Website.
    b. Account Name isikan Nama Akun kalian.
    c. Website Name isikan Nama Website kalian.
    d. Website URL pilih sesuai url menggunakan http:// atau https://, kemudian isikan website url secara lengkap sesuai contoh diikuti http:// atau https://.
    e. Industry Category pilih sesuai kategori industri website kalian.
    f. Reporting Time Zone pilih negara kemudian sesuaikan waktu yang diinginkan Contoh : (GMT+07:00) Jakarta Timur.
    g. Lainnya default, abaikan saja. Kemudian klik tombol Get Tracking ID.
    h. Kemudian muncul Pop-up Google Analytics Terms of Service Agreement, pilih Indonesia lalu ceklis kedua pernyataan tersebut lalu klik tombol I Accept.
    i. Setelah masuk dihalaman Tracking Code, copy seluruh kodenya kemudian paste dihalaman website yang kalian ingin lacak pada baris pertama kode <HEAD>. Jika kalian menggunakan WordPress silahkan install plugin dialamat berikut https://wordpress.org/plugins/google-analytics-dashboard-for-wp/ kemudian ikuti langkah-langkahnya.

Sekian kami telah bahas apa itu Google Analytics dan fitur-fiturnya. Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh data melalui Google Analytics. Namun saat ini kami hanya menjelaskan beberapa fitur yang cukup penting seperti : Real-Time, Audience, Acquisition, Behavior, dan Conversions.

Baca juga: Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya